Pada percobaan kedua ini, kita akan mencoba membuat program untuk memproses gambar dengan mengambil warna RGB
Dasar dari pengolahan citra adalah pengolahan warna RGB pada posisi tertentu. Dalam pengolahan citra warna dipresentasikan dengan nilai hexadesimal dari 0x00000000 sampai 0x00ffffff. Warna hitam adalah 0x00000000 dan warna putih adalah 0x00ffffff. Definisi nilai warna di atas seperti gambar 2.1, variabel 0x00 menyatakan angka dibelakangnya adalah hexadecimal.
bahwa setiap warna mempunyai range nilai 00 (angka desimalnya adalah 0) dan ff (angka desimalnya adalah 255), atau mempunyai nilai derajat keabuan 256 = 28. Dengan demikian range warna yang digunakan adalah (28)(28)(28) = 224 (atau yang dikenal dengan istilah True Colour pada Windows). Nilai warna yang digunakan di atas merupakan gambungan warna cahaya merah, hijau dan biru seperti yang terlihat pada gambar 2.2. Sehingga untuk menentukan nilai dari suatu warna yang bukan warna dasar digunakan gabungan skala kecerahan dari setiap warnanya.
Dari definisi diatas untuk menyajikan warna tertentu dapat dengan mudah dilakukan, yaitu dengan mencampurkan ketiga warna dasar RGB, table 1. berikut memperlihatkan contoh-contoh warna yang bisa digunakan
Untuk mengetahui kombinasi warna, perlu dibuat suatu program yang dapat menampilkan warna sesuai dengan nilai yang dimasukkan sehingga dapat dicoba berbagai macam kombinasi warna RGB seperti gambar 2.2.
Untuk membuat program yang menampilkan warna sesuai dengan nilai warna RGB adalah berikut
1. Buat disain dialog seperti pada gambar 2.3. dengan 3 buah control picture dan 3 buah button
2. Tambahkan program pada saat button1 click seperti di bawah ini, akan memberikan warna merah pada bitmap (fungsi setpixel) dan menampilkan kembali nilai dari piksel tertentu (fungsi getpixel).
Button1
void Cprak2Dlg::OnButton1()
{
// TODO: Add your control notification handler code here
CDC* pDC = m_picr.GetDC();
CDC dcMem;
CRect rect;
BITMAP bm;//
int i,j;
long int warna;
char str[5];
HBITMAP hBitmap=(HBITMAP)::LoadImage(AfxGetInstanceHandle(),
"pens.bmp",IMAGE_BITMAP, 0, 0, LR_LOADFROMFILE|LR_CREATEDIBSECTION);
if(hBitmap)
{
if(m_bmpBitmap.DeleteObject())
m_bmpBitmap.Detach();
m_bmpBitmap.Attach(hBitmap);
}
m_picr.GetClientRect(rect);
m_bmpBitmap.GetBitmap(&bm);
dcMem.CreateCompatibleDC(pDC);
dcMem.SelectObject(&m_bmpBitmap);
for(i=0;i
for(j=0;j
{
// memberi warna pada titik
dcMem.SetPixel(j,i,0x000000FF);
}
pDC->StretchBlt(0,0,rect.Width(),rect.Height(),&dcMem,
0,0,bm.bmWidth,bm.bmHeight,SRCCOPY);
// membaca warna pada titik
warna=dcMem.GetPixel(5,5);
sprintf(str,"%ld",warna);
pDC->TextOut(10,10,str);
}
3. Tambahkan juga program pada saat button2 click seperti di bawah ini, akan memberikan warna hijau pada bitmap (fungsi setpixel) dan menampilkan kembali nilai dari piksel tertentu (fungsi getpixel).
Button2
void Cprak2Dlg::OnButton2()
{
// TODO: Add your control notification handler code here
CDC* pDC = m_picg.GetDC();
CDC dcMem;
CRect rect;
BITMAP bm;//
int i,j;
long int warna;
char str[5];
HBITMAP hBitmap=(HBITMAP)::LoadImage(AfxGetInstanceHandle(),
"pens.bmp",IMAGE_BITMAP, 0, 0, LR_LOADFROMFILE|LR_CREATEDIBSECTION);
if(hBitmap)
{
if(m_bmpBitmap.DeleteObject())
m_bmpBitmap.Detach();
m_bmpBitmap.Attach(hBitmap);
}
m_picg.GetClientRect(rect);
m_bmpBitmap.GetBitmap(&bm);
dcMem.CreateCompatibleDC(pDC);
dcMem.SelectObject(&m_bmpBitmap);
for(i=0;i
for(j=0;j
{
// memberi warna pada titik
dcMem.SetPixel(j,i,0x0000FF00);
}
pDC->StretchBlt(0,0,rect.Width(),rect.Height(),&dcMem,
0,0,bm.bmWidth,bm.bmHeight,SRCCOPY);
// membaca warna pada titik
warna=dcMem.GetPixel(5,5);
sprintf(str,"%ld",warna);
pDC->TextOut(10,10,str);
}
4. Tambahkan juga program pada saat button3 click seperti di bawah ini, akan memberikan warna biru pada bitmap (fungsi setpixel) dan menampilkan kembali nilai dari piksel tertentu (fungsi getpixel).
Button3
void Cprak2Dlg::OnButton3()
{
// TODO: Add your control notification handler code here
CDC* pDC = m_picb.GetDC();
CDC dcMem;
CRect rect;
BITMAP bm;//
int i,j;
long int warna;
char str[5];
HBITMAP hBitmap=(HBITMAP)::LoadImage(AfxGetInstanceHandle(),
"pens.bmp",IMAGE_BITMAP, 0, 0, LR_LOADFROMFILE|LR_CREATEDIBSECTION);
if(hBitmap)
{
if(m_bmpBitmap.DeleteObject())
m_bmpBitmap.Detach();
m_bmpBitmap.Attach(hBitmap);
}
m_picb.GetClientRect(rect);
m_bmpBitmap.GetBitmap(&bm);
dcMem.CreateCompatibleDC(pDC);
dcMem.SelectObject(&m_bmpBitmap);
for(i=0;i
for(j=0;j
{
// memberi warna pada titik
dcMem.SetPixel(j,i,0x00FF0000);
}
pDC->StretchBlt(0,0,rect.Width(),rect.Height(),&dcMem,
0,0,bm.bmWidth,bm.bmHeight,SRCCOPY);
// membaca warna pada titik
warna=dcMem.GetPixel(5,5);
sprintf(str,"%ld",warna);
pDC->TextOut(10,10,str);
}
5. Langkah terakhir yaitu menambah program header file pada file prak2Dlg.h
// Construction public:
Cprak2Dlg(CWnd* pParent = NULL); // standard constructor
CBitmap m_bmpBitmap;